Menulis itu Vitamin

Posted on

Menulis adalah bagian penting dari kehidupan, terciptanya sebuah peradaban adalah dengan menulis. Orang dapat terkenal atau dikenal orang melalui tulisannya atau ditulis riwayatnya oleh orang lain. Merangkai kata demi kata kalimat demi kalimat hingga menjadi untaian paragraf yang menawan adalah bagian dari esensi menulis. Namun perlu diketahui bahwa seseorang yang membiasakan dirinya menulis memiliki rahasia kesehatan yang luar biasa. Bagaikan jenis obat, menulis adalah berbagai jenis vitamin untuk tubuh kita.

Vitamin yang pertama, seorang yang terbiasa menulis akan membuka jembatan komunikasi antara dirinya dengan orang lain sehingga tercipta hubungan secara tidak langsung . Orang akan memahami karakter dan pandangan penulis lewat tulisannya. Komunikasi ini jangan dipandang sepele karena dari sinilah akan tumbuh kecintaan, persamaan persepsi bahkan ‘pengkultusan’ seorang pembaca terhadap sang penulisnya.

Vitamin yang kedua, seseorang yang terbiasa menulis sebagai bagian dari kebiasaan dirinya akan memiliki kemampuan dalam kegiatan berbahasa tulis. Bagaimana tidak tentunya dalam menulis tidak begitu saja menulis, apa yang ada dalam pikiran kita. Tetapi kita akan menyeleksi setiap kata atau kalimat yang akan kan kita tuliskan, mulai dari pertimbangan kontennya, ranah pembacanya, media publikasinya, kosakata yang digunakan, hingga ejaan dan tanda baca yang berfungsi untuk membenahi tulisan. Seorang penulis tentunya harus menguasai penggunaan tata tulis agar hasil tulisannya maksimal.

Vitamin yang ketiga, menulis akan menghasil daya nalar dan daya ingat. Seseorang yang sering menulis terditeksi terhindar dari alzemer atau kepikunan. Aliran darah di kepalanya selalu mengalir dengan baik, otak difungsikan terus menerus, dan setiap jaringan dalam otak bekerja dan saling berhubungan. Daya nalar selalu digunakan sebagai ruhnya tulisan. Seorang yang sering menulis pasti memiliki ingatan yang tajam karena selalu memasukan nuasa batin dalam setiap tulisannya. Selain sebagai makanan jiwa, sinkronisasi lingkungan, batin dan nalarnya yang selalu digunakan secara bersamaan dalam menulis akan mempertajam ingatan seseorang.

Vitamin selanjutnya…. bersambung ya.

 

Wulan We

Literasi untuk semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *