Istiqomah

Posted on

Ini bukan cerita tentang seseorang yang bernama Istiqomah, meskipun saya punya teman SD yang namanya demikian. Menurut bahasa kata istiqomah memiliki arti tegak, lurus, atau dalam bahasa lainnya yaitu konsisten. Seseorang dinilai baik itu bukan dari ketika dia mengawali sesuatu tapi di akhirnya, maka ada istilah khusnul khotimah, baik di akhirnya.

Seseorang yang bisa baik di akhir hidup adalah hasil dari rentetan panjang konsistensinya melakukan kebaikan-kebaikan setiap hari. Meskipun hanya sedikit. Meskipun kebaikan tertentu. Tapi dilakukan setiap hari. Ada seseorang yang meninggal dunia dalam keadaan sujud. Akhir seperti ini tidak akan mungkin bisa dialami oleh seseorang yang bukan ahli sholat. Sholat saja tidak, kapan sujudnya.

Melalui program Menemu Baling ini, semoga Allah memberi kekuatan kepada saya, termasuk Anda semua yang berkeinginan untuk mengembangkan kemampuan menulis. Mulai hari ini berkomitmen untuk yang pertama, menulis minimal 1 artikel dalam sehari. Kedua, membaca 1 buku dalam seminggu. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk saya menjalani aktivitas keseharian ini, hari ini, besok, hingga seterusnya.

Kenapa harus membaca buku. Karena kalau kita menulis tidak diimbangi dengan membaca, kita akan kehabisan bekal. Kita akan mentok dengan wawasan yang tidak bertambah, tidak terasah. Tak mungkin kita bisa memberikan banyak, sedang ilmu kita hanya ini dan itu. Saya berharap dengan membaca ini akan memperkaya wawasan dan pandangan saya yang kemudian bisa di sharing ke masyarakat dengan harapan semoga bermanfaat.

Saya memulai hari ini dengan buku Quantum Teaching yang ditulis oleh Bobbi deporter dan teman-temannya. Buku ini pernah saya baca tapi sudah lama sekali. Saya harus mulai lagi membacanya untuk diterapkan di dalam kelas saya, di dalam pembelajaran.
Bagi teman-teman yang punya keinginan sama ingin bisa menulis Iman mari kita manfaatkan aplikasi Menemu Baling ini dan berkomitmen untuk menulis secara rutin. Mari kita istiqomah.

www.menemubaling.com

Menulis dengan mulut (24 Januari 2017)

Pingin bisa menulis dengan mulut?
Join Grup WA Menemu Baling (Menulis dengan mulut, Membaca dengan telinga)
https://chat.whatsapp.com/IlSXkIcUi1XIY97Eadgo4w
Join Grup Telegram Menemu Baling (Menulis dengan mulut, Membaca dengan telinga)
https://t.me/joinchat/AAAAAAb7E42H3iZTzjzxVg
Join Grup Line Menemu Baling Remaja (Menulis dengan mulut, Membaca dengan telinga untuk remaja)
http://line.me/R/ti/g/BBMHES47Vw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *