Uncategorized
Jun12

>Warning! Blog WordPress Anda Terserang Virus

>Bismillah….

Posting diakhir pekan ini sekedar saya ingin bercerita, berbagi informasi dan memberi peringatan kepada para pengguna wordpress atau website lain yang menggunakan hosting sendiri. Sebenarnya sudah beberapa hari yang lalu ada informasi dan peringatan dari rekan blogger lewat chating YM atau via facebook, bahwa salah satu blog bisnis saya MungBisnis.com membawa virus. hmm…. koq bisa ya…? padahal MungBisnis saya buat menggunakan engine blogger.

Informasi ini masih saya abaikan karena memang lagi sedikit sibuk. Selang beberapa hari ada informasi lagi blog http://mungs.biz juga terdeteksi membawa virus. wedew!… dan informasinya virus ini terdeteksi jika PC atau laptop yang digunakan untuk membuka blog tersebut menggunakan anti virus versi pro atau bisa juga menggunakan avast versi free, (soalnya selama ini antivirusku pakai avira free dan smadav jadi keliatan aman-aman saja).

Saya jadi ingat, MungBisnis.com (Jasa Pembuatan Blog Elegant, Keren dan Murah), kenapa terdeteksi membawa virus karena di blog ini saya beri fasilitas pencarian domain yang scriptnya saya taruh di hosting mungs.biz, hmm…. pantas saja… akhirnya saya kontak pihak hosting dan Alhamdulillah dibantu menghapus virus yang ternyata berupa javascript yang terinject kedalam file index.php blog saya. hmm…. sungguh terrrlallu….! ni pembuat virus.

Setelah mendapat informasi cara mencari dan menghapus kode virus ini, segera saya cek file-file index.php yang lain yang terdapat dalam hosting mungs.biz ini. dan memang benar ada beberapa file index.php yang sudah terinject script yang diduga sebagai virus, kode yang diduga sebagai virusnya bisa anda lihat digambar berikut:

Pada gambar diatas setelah kode aneh yang diduga virus kita temui, cukup blok dan hapus saja kodenya, dan simpan kembali file index.php. InsyaAllah blog wordpress anda sudah terbebas dari virus ini.

Oya, sebagai informasi tambahan: 
Dalam mengecek dan menghapus virusnya gunakan File Manager di cpanel hosting anda, jangan menggunakan ftp, dan setelah login di cpanel hosting, segera lakukan perubahan password. Sebagai informasi lainya, virus jenis seperti ini biasanya menginject file-file header.php, footer.php atau index.php.

Semoga bermanfaat, apabila ada informasi dan jurus sakti lain, mohon bisa disampaikan di kolom komentar. terimakasih.

Author: 

author