Uncategorized
Dec12

>Virus Jahat Sembunyikan dan Hancurkan Fileku

>Virus yang menyebar saat ini memang semakin lama semakin menggila, terbukti hampir setiap hari muncul varian baru dari jenis virus, baik itu cuma perbaikan program virus oleh si pembuat virus maupun memang menciptakan virus baru.

Bagi sebagian orang yang sering bermain di warnet, sering copas (copy paste) file dari komputer orang lain, harus ekstra hati-hati… jangan-jangan komputer temen kita, komputer warnet penuh dengan virus, akibatnya ketika file yang ada dalam flashdisk dimasukan kekomputer kita tau sendiri akibatnya, virus langsung menyebarrr… menyerang… dan menghancurkan segala yang ada didalam komputer kita (ekstrimnya gitu).

Saya sering kali di tanya sama temen-temen yang mengalami kasus file hilang, file gak ketemu, padahal data tersebut sangat penting, komputer hank terus, yang setelah tak lihat rata-rata ter infeksi virus.
Berikut langkah yang sering saya lakukan dalam mengobati komputer yang terkena virus:

  1. Biasanya langkah paling awal aku coba scan komputer tersebut dengan anti virus indonesia, PCMAV adalah andalanku, biasanya kalau virus lokal langsung klepek-klepek. nah kalau gak mempan gimana????
  2. Langkah pertama ternyata gak mempan, saya lancarkan rencana B, saya install dan scan dengan Anti virus Mc Afee Enterprise upate terbaru, biasanya langsung KO alias clean, Nah pada rencana B ini ternyata ada kasus lagi… virus udah clean tapi muncul kasus baru, file yang terinfeksi ternyata gak keliatan (sebagian orang terus panik, dikira file hilang)… tenang…. kita coba dengan cara ini: klik start >> run >> cmd >> atau bisa juga klik start >> program >> Accessoris >> command promt, nah disini kita arahkan dulu ke direktori yang akan kita munculkan lagi file yang disembunyikan virus tadi., sebagai contoh misal direktori flashdisk ada di H maka kita cukup ketikan H: kemudian tekan enter, nah setelah direktori H muncul kita ketikan jurus ampuh ini>> H:\>attrib -s -h /s /d tunggu beberapa saat, kalau udah muncul lagi direktori H-nya nah udah selesai tuh… kita exit aja dari command promt. terus kita lihat dech file yang dikira hilang tadi, udah muncul apa belum..???
  3. Ternyata rencana B juga gagal…. (waduh kasus juga nich…) kalau sampai rencana B gagal akhirnya saya pakai rencana C dan ini termasuk yang paling ampuh dalam membasmi virus apa itu…???? Format Install ulang…. hehe…
    terus file yang gak kembali lagi gimana…??? nah ini… kadang kala ada beberapa jenis virus yang ternyata dalam penyerangannya tidak hanya menyembunyikan file asli, tapi ternyata jahat sekali, yaitu menghapus file… kalau udah kayak gini ya… menyerah dech… pakai software recoferi file aja seringnya gak mempan.

Mungkin itu dulu, ada yang mo nambahin gak …??? saya tunggu comment dan tambahan, pengalaman yang mungkin akan membantu kita bersama…

Semoga bermanfaat…

Author: 

author