Uncategorized
Sep23

>Tutorial Design Grafis Dasar bag. 2 – Program Paint

>Bismillah…
Mari kita lanjutkan lagi tutorial design grafis sederhana menggunakan program paint, pada posting sebelumnya (Tutorial Design Grafis Dasar 1 – Program Paint) kita telah mengenal jendela program paint, dan tool-tool yang ada di program paint.

Pada tulisan kali ini kita akan belajar mengatur ukuran gambar yang akan kita buat. Untuk mengatur ukuran gambar, program paint menyediakan beberapa pilihan yaitu ukuran menggunakan satuan inchi, centimeter dan pixel, yang sering kita butuhkan dalam mengatur ukuran gambar adalah menggunakan ukuran pixel.
Seringkali saya melihat beberapa blogger saat membuat banner untuk dipasang didalam blog, tidak memperhatikan ukuran gambar yang akan dipasang, akibatnya gambar akan tampil kurang matching, ada yang kebesaran, ada juga yang kekecilan.

Sebagai contoh kita akan membuat gambar banner ukuran 460 x 60 pixel, caranya adalah:
1. Buka program paint (Start – Program – Accessoris – Paint)
2. Klik menu image – attributes, maka akan tampil jendela attribut seperti dibawah ini:

3. Klik OK.
Selanjutnya silahkan anda menggambar, dan mendesign bebas sesuai kebutuhan.

Cara Menyimpan
Untuk menyimpan hasil kerja kita, caranya sama seperti pada program aplikasi lainya, tinggal klik file save, kemudian tinggal anda tentukan direktori penyimpanan, tentukan nama file dan selanjutnya jangan lupa tentukan type file yang anda butuhkan. Untuk hasil yang cukup bagus, dengan ukuran yang relatif kecil anda bisa memilih type file .png.

Silahkan anda berkreasi seindah mungkin dan selanjutnya bisa anda upload ke hosting unlimited anda (caranya bisa anda baca disini). Berikut contoh banner sederhana menggunakan program paint dengan ukuran 460 x 60 px, disimpan dalam format file .png.

Semoga bermanfaat.

Pada posting selanjutnya, InsyaAllah ada tips dan trik cara mengetahui ukuran gambar yang pas untuk blog kita tanpa harus melihat struktur kode program.

Author: 

author