Uncategorized
Sep22

>Tutorial Design Grafis Dasar 1 – Program Paint

>

Bismillah….
Tadi pagi iseng melihat arsip posting, dan mata ini tertuju pada sebuah posting yang setelah saya baca lagi ternyata berisi tutorial program paint (sebagai program design grafis dasar) untuk siswa-siswiku yang masih duduk sekolah dasar, maupun menengah pertama, ataupun bahkan bapak/ ibu guru yang baru pertama kali mengenal komputer. hmmm… posting ini sudah jadul sekali. Seperti yang kita tahu program paint adalah software drawing bawaan Windows, dengan kesederhaan dan keterbatasan program ini tidak salahnya kita mencoba fitur-fitur yang ada di program ini. Bagi pemula Paint sangat tepat untuk belajar menggambar , edit foto, membuat banner bagi pebisnis online atau yang lainya.

Pada waktu itu memang saya berencana membuat cd tutorial untuk anak didik saya, dan alhamdulillah sampai tulisan ini ditulis cd tutorialnya belum jadi (sibuk sendiri ngurusi aset virtual nggarap orderan bisnis online terus soalnya ).  Belum jadi bukan berarti tidak saya garap, sebenarnya sambil mengajar, saya rekam pelajaran yang saya sampaikan ke anak-anak dengan menggunakan camtasia studio, tujuannya biar saya punya arsip video tutorial dan sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal nyalakan anak-anak tinggal nonton dan mempraktikan. dan dalam kenyataanya video tutorial ini sering saya pakai tatkala harus meninggalkan sementara anak didik, karena ada rapat dinas, tapi anak-anak masih tetap bisa belajar dan praktik. Sisi lain kalau pas jam mengajarnya full dari pagi sampai siang, video tutorial ini bisa saya pakai untuk menggantikan penjelasan langsung, karena kadang kalau pas seharian menerangkan suatu bab, mulut sampai berbusa, badan lemes, halah…. pokoknya kadang sampai gak karuan tubuh ini, tapi dengan bantuan rekaman ini alhamdulillah badan masih bisa tetap semangat. (eh… koq malah ceritanya kemana-mana, hehe…)

Okey, kita sekarang lanjutkan lagi tutorial program design grafis tingkat dasar menggunakan program paint yang kalau dilihat di tanggal posting yang lalu, sudah 2 tahun. hehe…

A. Cara Membuka Program Paint
 Klik start – Program – Accessoris – paint

B. Mengenal Jendela Program Paint

Keterangan Gambar:

  1. Title bar atau baris judul ini berfungsi untuk menampilkan nama file yang sedang .aktif dijendela paint.
  2. Menu bar atau baris menu, berisi File, Edit, View, Image, Colors, Help
  3. Tool Box, berisi peralatan menggambar (Untuk  memunculkan menggunakan CTRL T atau bisa dilihat pada menu view).
  4. Color Box berisi pilihan warna yang bisa kita pilih saat menggambar nanti (Untuk  memunculkan menggunakan CTRL L atau bisa anda lihat di menu view).
  5. Lembar kerja paint yang nantinya kita gunakan untuk tempat menggambar.

Untuk keterangan Tool Box bisa anda lihat pada gambar berikut:

1. Free – from select : Membuat seleksi bebas
2. Select : Membuat seleksi berbentuk kotak /balok
3. Erase / Color Erase : Untuk menghapus objek
4. Fill with color : Memberi warna objek dengan bidang tertutup
5. Pick Color : Untuk membuat seleksi warna
6. Magnifier : Untuk memperbesar suatu ukuran objek di lembar kerja
7. Air Brush : Untuk membuat objek Brush
8. Line : Untuk membuat garis lurus
9. Curve : Untuk membuat garis lengkung
10.Rectangle : Untuk membuat objek Kotak
11.Polygon : Untuk membuat garis lurus yang saling berhubungan
12.Oval : Untuk membuat objek oval / lingkaran
13.Rounded Rectangle : Untuk membuat objeck kotak dengan sudut tumpul

Untuk memulai menggambar, kita bisa menggunakan salah satu tool, sebagai contoh Rectangle (Untuk membuat persegi) dengan cara klik kiri satu kali pada tool Rectangle, kemudian pada lembar kerja kita pakai teknik penggunaan mouse drag yaitu menggeser mouse sambil menekan tombol mouse kiri. sebagai latihan silahkan menggambar gambar berikut:

Sampai disini dulu, InsyaAllah kita lanjutkan pada posting berikutnya.

Author: 

author