Uncategorized
Feb15

>Tips dan trik mempercepat Windows Vista – Bagian 3

>Bismillah, kita lanjutkan lagi Tips dan trik mempercepat Windows Vista, dan sekarang berlanjut ke bagian akhir dari 3 bagian:
 
24. Layanan Trace Windows
Buka Task Manager di komputer manapun dan anda akan melihat nama yang sama yaitu: svchost.exe. Tiap salinan dari svchost.exe menjalankan layanan (service) Windows, beberapanya bisa dimatikan untuk menghemat penggunaan RAM. Temukan salinan svchost.exe yang menggunakan memori paling banyak, klik kanan dan pilih Go to Service(s). Bisa cari tahu infonya di Black Viper untuk melihat apa saja yang aman untuk dimatikan.

25. Optimalkan SuperFetch
Setingan SuperFetch di Windows Vista dirancang untuk memaksimalkan kinerja dan Tweak VI (tersedia untuk didownload di Totalidea Software) memiliki bagian yang diperuntukkan khusus dalam secara rutin membersihkan log yang memberatkan komputer. Untuk mengaksesnya, pilih System Information and Tweaks > Hard drive information… Pindah ke tab optimisasi Prefetcher and SuperFetch dan ikuti instruksi yang ada.

26. Matikan defragmentasi otomatis
Komputer anda akan lebih pelan ketika program Defragmenter sedang berjalan, jadi mungkin lebih baik anda melakukannya secara manual – matikan penjadwalan dengan menghilangkan tanda centang di Run di tepatnya di sebuah Schedule yang ada (dianjurkan). Atau cara lainnya anda bisa menjadwalkan defragmentasi pada saat anda tidak menggunakan komputer anda, misalkan saat jam istirahat makan siang.

27. Atur prioritas suatu aplikasi
Terkadang sebuah program ketika dibuka hanya berputar-putar saja, memakan semua daya CPU dan susah untuk dimatikan. Buka Task Manager, klik kanan di program dan pilih Set Priority > Below Normal. Atur prioritas program dari menu ini sesuai dengan kepentingan anda.

28. Hilangkan drive eksternal secara cepat
Gadget Remove Drive Safely ‘duduk manis diam’ di  Windows Sidebar dan berfungsi untuk memutuskan koneksi drive USB, SATA dan eSATA dengan cara meng-klik mouse anda, selain itu fungsinya juga untuk mengenali drive baru yang terpasang. Anda dapat memutuskan koneksi satu atau beberapa drive yang terletak di Sidebar dengan mendownload gadget dari  Windows Live Gallery, atau klik tanda positif di Sidebar dan pilih Get more gadgets online.

29. Matikan pencarian printer jaringan
Jika anda terhubung dengan jaringan komputer, tapi tidak berbagi printer dengan siapapun, maka anda bisa mempercepat komputer anda dengan mematikan pencarian printer jaringan. Buka Network and Sharing Center, lalu dibawah Printer Sharing, klik tanda panah ke bawah dan pilih Turn off printer sharing sebelum meng-klik Apply.

30. Tutup program dengan cepat
Banyak orang menggunakan trik ini sekarang: untuk menutup apapun mulai dari window browser Internet Explorer sampai ke Windows Media Player menjadi lebih cepat dibanding menggunakan mouse dapat dilakukan dengan, tekan Alt key di keyboard anda, lalu tekan F4. Mungkin akan membutuhkan waktu agar terbiasa dengan shortcut ini, namun begitu nanti anda terbiasa maka anda akan merasakan komputer anda menjadi lebih cepat.

31. Dapatkan wewenang secara cepat
Tekan Windows key di keyboard untuk membuka menu Start dan ketik nama program yang anda cari – tekan Ctrl dan Shift dan Enter diikuti oleh Alt dan C dan anda akan membuka program dengan wewenang penuh sebagai administrator tanpa nanti harus mengklik lagi.

32. Namai ulang file di grup secara mudah dan cepat
Ketika anda memilih jumlah file-file yang besar yang perlu untuk anda namai ulang maka daripada harus melakukannya satu per satu, anda dapat menamai ulang semuanya dengan beberapa klik saja. Tahan Ctrl dan klik kiri di tiap file atau klik kiri dan drag untuk memilih semua file yang anda inginkan. Lalu tekan F2, ketik nama yang sama untuk semua file, kemudian tekan Enter dan semua file secara otomatis akan memiliki nama yang sama, yang membedakannya hanya nomer di belakangnya.

33. Atur file-file anda
Ingin ‘melemparkan’ file ke folder yang tepat? Download Magic Folder Gadget gratis dari davecra.spaces.live.com – gadget ini aka membuat sebuah folder virtual dimana anda dapat men-drag file. Anda dapat membuang semua file ke satu folder atau menyiapkan untuk memindahkan file-file tersebut ke lokasi tertentu berdasarkan tipe file-nya. Alternatif lainnya, anda dapat menownload gadget Magic Folder untuk Windows Sidebar, dimana nantinya anda dapat men-drag file-file ke dalamnya dan gadget tersebut dapat secara otomatis memindahkannya ke folder yang tepat.

34. Menggunakan fungsi Send To
Ketik %APPDATA%\Microsoft\Windows\sendto di  Start > kotak Run atau Address bar untuk membuka folder personal sendto. Drag shortcut program ke folder tersebut (tekan Ctrl ketika men-drag-nya untuk memastikan bahwa anda menyalinnya bukan memindahkannya) dan anda dapat membuka file dalam program tersebut dengan hanya mengklik kanan di file itu dan pilih Send to > Program name. Hal ini sangat berguna jika misalkan anda memiliki beberapa tool edit gambar yang berbeda dan anda hanya ingin memilih salah satu saja sebagai aplikasi default.

35. Cari lebih banyak lagi
Performance Monitor dapat memberitahukan anda aplikasi mana saja yang menggunakan prosesor, memori, hard disk dan jaringan. Ketik ‘Performance Monitor‘ di Start Search.

Semoga bermanfaat.
Posting ulang dari erakomputer.com

Author: 

author