Uncategorized
May3

>Prajabatan CPNS Kabupaten Semarang 2011

>Kisah perjalanan mendapatkan status CPNS pernah saya tulis lengkap di posting CPNS 2009-Bismillah ACTION diakhir cerita pada posting sebelumnya saya sudah ditempatkan di SMP N 1 Kaliwungu Kab. Semarang, tepatnya di Ds. Kaliwungu, Kec. Kaliwungu, Kab. Semarang, untuk lokasi memang cukup terpencil karena termasuk daerah pemekaran kab. semarang, walaupun demikian Allah SWT benar-benar telah mengabulkan doa saya, yaitu saya minta di tempatkan di tempat terbaik menurut Allah. dan jawabanya adalah di SMP N 1 Kaliwungu Kab. Semarang.

Foto 2 Mei 2011 didepan kantor guru

Satu tahun sudah saya bekerja sebagai CPNS yang ditugaskan di sekolah ini, dan akhirnya yang di tunggu-tunggu datang juga, Prajabatan CPNS menjadi PNS. kenapa di tunggu-tunggu? bagi pembaca yang bekerja sebagai PNS pasti sudah tahu alasanya, tapi bagi yang bukan PNS mungkin ada sebagian yang belum tahu tentang fungsi prajabatan ini, berikut informasi dari diklat provinsi jawa tengah:

Diklat Prajabatan merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS Diklat Prajabatan terdiri dari :

1. Diklat Prajabatan Golongan I untuk menjadi PNS Golongan I
2. Diklat Prajabatan Golongan II untuk menjadi PNS Golongan II
3. Diklat Prajabatan Golongan III untuk menjadi PNS Golongan III

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) wajib disertakan dalam diklat Prajabatan selambat-lambatnya 2 (dua) tahun setelah pengangkatannya sebagai CPNS.

CPNS wajib mengikuti dan lulus Diklat prajabatan untuk diangkat sebagai PNS

Diklat Prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas, dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dna perannya sebagai pelayan masyarakat.

Peserta diklat Prajabatan adalah semua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS.

Untuk berkas persyaratan yang harus di penuhi untuk mengikuti diklat adalah:

  1. Surat Tugas dari Bupati Semarang
  2. Fotocopy SK CPNS, 
  3. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah
  4. Pasfoto ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang warna merah: *) Pria: mengenakan pakaian putih lengan panjang berdasi hitam panjang. **) Wanita: mengenakan pakaian putih lengan panjang berdasi kupu-kupu, bagi yang memakai jilbab, jilbab warna putih dan tidak menutup dasi.
  5. Surat keterangan dari kepala satuan kerja perangkat daerah yang menerangkan bahwa CPNS yang bersangkutan memiliki disiplin dan integritas sebagai CPNS.

Persiapan yang lain adalah:

  • Pakaian putih lengan panjang, memakai dasi panjang hitam, mengenakan papan nama dan lencana KORPRI, bawah celana panjang hitam, untuk wanita rok 15 cm dibawah lutut/ celana panjang hitam, kecuali yang berjilbab menyesuaikan.
  • Pakaian olah raga (training) dan kelengkapanya.
  • Khusus Pria harus potong rambut dengan model 013 (cepak 1 cm)

Info lainya: 

  • Peserta di asramakan 
  • Demi ketertiban dilarang membawa kendaraan bermotor.
  • Peserta wanita dilarang memakai sepatu sol/ hak tinggi.

Kebetulan saya ikut diklat prajabatan ini pada gelombang ke 2 yang InsyaAllah akan dimulai tanggal 19 Mei sampai dengan 4 Juni 2011.

Minta doanya saja, semoga diberi kesehatan dan kesempatan sehingga mampu mengikuti kegiatan ini secara penuh tanpa halangan berarti dan selesai dengan kesuksesan, amiiin…

PENTING! Selama mengikuti diklat prajabatan ini, urusan Bisnis Online  InsyaAllah tetap jalan dan akan tetap dilayani, TAPI tidak langsung dengan saya, tapi dengan asisten pribadi saya. 🙂

Author: 

author