Uncategorized
Dec7

>Port 21 Sekarang Normal kembali

>

Dalam protokol jaringan TCP/IP, sebuah port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP.

Port 21 digunakan untuk File Transfer Protocol (FTP), FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. (wikipedia).

Sudah lama sebenarnya hal ini terjadi, port 21 sempat tidak bisa digunakan jadinya sedikit mengganggu proses transfer data yang biasa saya lakukan untuk website-website  klien MungBisnis.com yang sudah didesign secara offline dan harus dimasukan kedalam hosting agar bisa online dan bisa dinikmati diseluruh dunia (lebay…. )

Dalam proses transfer file ke hosting biasanya saya menggunakan File Zilla, tapi setelah dulu pernah terjadi kasus web yang menggunakan php terinjeksi script berbahaya, akhirnya sekarang berpindah ke WS FTP, dan alhamdulillah sampai sekarang masih aman terkendali. 
Awalnya sebenarnya saya gak memikirkan masalah ini, karena saya kira hanya masalah biasa, bukan masalah tertutupnya port 21 yang digunakan, tapi setelah ngobrol-ngobrol dengan teman, ternyata ada informasi kalau ISP smart yang sedang bermasalah, kalau pakai ISP lain normal dan gak ada masalah penutupan port 21. hmmmm…. harus segera lapor nich…. bisa dibikin repot kalau terus bermasalah, masa upload file pakai file manager di cpanel, ya walaupun ada solusi lain, bisa memanfaatkan VPN (Virtual Private Network) tapi harus mengeluarkan dana lagi, kasusss… yach…. mending lapor dulu saja,

881… call….
halooo… mbak cantik….( lebay )
Setelah diterima oleh CS Smart dan saya laporkan, malah CSnya belum mudeng apa itu port 21 dan fungsinya, hmm… harus dijelaskan dulu nich….
Setelah saya jelaskan, dan saya juga bilang ini sungguh mengganggu bisnis online saya mbak… (sambil promosi ), akhirnya diakhir laporan, saya dimintai data pribadi, mulai dari no hp yang lain selain smart, alamat rumah, email, (hmmm, mau apa nich… jangan-jangan CS cantik mau main kerumah, wakakkkk….), setelah laporan selesai, CS bilang “mohon catat no laporanya ya pak, biar nanti kalau sampai 5 hari kerja belum ada kabar,  segera laporkan lagi”. Okelah kalau begitu….

Ee… beberapa menit kemudian setelah telpon ke CS smart saya tutup, ada telpon masuk ke hp satunya, ternyata dari teknisi smart yang telpon dan memberi informasi bahwa memang lagi dicari masalahnya, kenapa port 21 ini jadi terblokir oleh smart. dan sehari setelah laporan, saya cek menggunakan ws_ftp port, 21 sudah normal kembali, dan bisa digunakan lagi.
makasih smart… I Love You Full…. hehe…  (lebay mode:on…. )

——————————-
Selamat Tahun Baru 1432 H, semoga ditahun baru ini, kita bisa meningkatkan kwalitas ibadah kita, dan semoga perjalanan berikutnya selalu dalam Ridlo Allah SWT. amiiiin…..

Rate this article!

Author: 

author