Uncategorized
Oct20

>Pilih Blogger atau WordPress?

>

KEUNGGULAN BLOGGER CUSTOM DOMAIN
  1. Biaya murah karena kita hanya memikirkan biaya tahunan untuk beli domain saja.
  2. System keamanan cenderung lebih aman, karena dibawah pengendali perusahaan raksasa Google.
  3. Bisa dibilang Unlimited Bandwith, ketika suatu saat blog memiliki pengunjung yg mencapai ratusan ribu/ hari, its no problem.
  4. Mendukung HTML dan Java Script 
  5. Untuk template/ tampilan mudah di customize, dan bagi yang suka edit kode CSS, disini kreatifitas sangat berpengaruh, jadi tampilan mau dibuat apa bisa.
  6. SEO (Search Engine Optimization), dulu masih bisa diakali dengan penambahan script SEO didalam template, tapi sekarang ini dengan lahirnya Google Panda, algoritma baru mesin pencari google dalam menentukan hebat tidaknya blog dikancah dunia persilatan internet, maka rutinitas update blog yang unik sangat berpengaruh dalam SEO.
KELEMAHAN BLOGGER CUSTOM DOMAIN
  1. Google berhak dan bebas menghapus blog yang dianggap melanggar aturan google tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. jadi harus rutin di backup isi blog kita, dan JANGAN melanggar aturan Google.
  2. Di Blogger Belum ada custom struktur permalink.
  3. Belum ada optimasi SEO yang otomatis, jadi si pengguna harus cari ilmu untuk optimasi sendiri.
KEUNGGULAN WORDPRESS SELFHOSTING
  1. SEO di WP sudah diakui dunia persilatan (internet), plugin-plugin SEO yang siap pakai sudah disediakan, tinggal install dan otomatis.
  2. Struktur permalink dari wordpress bisa custom,
  3. Pemilik blog bebas melakukan apapun di blog dengan selfhosting, mengedit, menambahkan script untuk mengoptimalkan blog, karena memang WP termasuk open source.
  4. Plugin-plugin yang lengkap sudah disediakan di wordpress.
KELEMAHAN WORDPRESS SELFHOSTING
  1. Biaya lebih tinggi disamping memikirkan biaya domain juga mikir biaya sewa hosting tahunan.
  2. System keamanan termasuk lebih rentan terserang virus, karena banyak juga plugin yang justru membawa script jahat kedalam blog kita, contoh: SQL Injection, XSS Scripting, Local/Remote File Execution yang tidak terkontrol pada Plugin WP, Kalau tidak hati-hati menggunakan Plugin WP bisa Jebol Username dan Pasword kita. Untuk kasus ini sudah pernah saya alamai dan saya abadikan di posting blog saya berikut: http://www.mr-mung.com/2010/06/warning-blog-wordpress-anda-terserang.html 
  3. Soal bandwith tergantung sewa hostingnya dimana dan yg berapa, jadi siap-siap saja upgrade yg lebih tinggi dengan biaya tinggi juga kalau pengunjung meledak sampai ratusan ribu perhari.
Intinya kembali ke diri anda, bebas untuk memilih, yang penting blog dibangun, kemudian diisi dengan konten yang benar-benar bermanfaat.
Salam Sukses dan Salam ACTION!
Rate this article!

Author: 

author