Uncategorized
Mar5

>Perangkat Keras (Hardware) Komputer

1 comment

>

Dalam teknologi informasi dan komunikasi dikenal adanya perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat manusia. Sebelumnya masih menggunakan bahasa asing dikenal istilah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware perangkat manusia).

Ketiga hal itu saling berkait satu sama lain membentuk sebuah sistem. Artinya, berfungsinya TIK tidak dapat dipisahkan dari ketiga unsur tadi: perangkat keras, perangkat lunak, dan manusia. Penerapan TIK pada suatu bidang selalu menggunakan ketiga hal tersebut. Hampir disemua bidang kita dapat menjumpai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagai contoh bidang transportasi, medis, pendidikan, bisnis, pariwisata, politik, spiritual, hiburan dan lain sebagainya. Semua dapat memanfaatkan fasilitas TIK untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem Komputer

Sistem merupakan kumpulan unsur yang saling terkait dalam mencapai suatu tujuan. Sistem dalam bahasa sederhana dapat diibaratkan sebagai rangkaian kerja. Dalam sistem dikenal adanya elemen, yaitu bagian terkecil yang saling berkaitan dalam suatu sistem. 
Di masyarakat kita sering mendengar pemakaian istilah sistem pada beberapa bidang. Misalnya sistem transportasi, sistem pendidikan, Sistem Komputer, sistem organisasi, sistem metabolisme, sistem medis dan lain sebagainya. Semua sistem tadi memiliki elemen-elemen yang berfungsi sebagai penunjang dalam mencapai tujuan. Perhatikan tabel di bawah ini:

Dari tabel di atas, dapat dimengerti bahwa sistem merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen dalam mencapai tujuan. Dalam TIK, jika salah satu elemen ditiadakan, maka tujuan tidak dapat tercapai.

Sumber:  TIK-BSE-SMP-KLS 7
Rate this article!

Author: 

author