Uncategorized
Mar13

>Peralatan Masukan (Input Device) Bag. 4 – Light Pen, Trackball dan Joystick

0 comment

>

Standar Kompetensi
Mempraktikan keterampilan dasar komputer
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
Indikator
Siswa dapat Menunjukan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat Input.
Materi
Peralatan Masukan (Input Device)

Gbr Light pen
4. Light pen
Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut. Dengan lightpen me- mungkinkan kamu untuk menyentuh suatu titik di layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer. Seperti rancang bangunan atau disain grafis.


Gbr. Trackball
5. Trackball
Trackball adalah peralatan semacam mouse, kecuali pada trackball bola berputar yang terletak pada landasan seperti halnya mouse, pada trackball ini diletakkan pada bagian atas sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa model dari trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard dari komputer notebook.

6. Joystick

Gbr Joystick
Joystick digunakan untuk keperluan game/permainan selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard. Pointing device seperti joystick ini biasa didapatkan pada komputer portable, karena komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat seperti pesawat terbang dimana tidak ada permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device lain seperti mouse.

Author: 

author