Uncategorized
Feb21

>Peralatan Masukan (Input Device) Bag. 1 – Keyboard

>

Standar Kompetensi
Mempraktikan keterampilan dasar komputer
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
Indikator
Siswa dapat Menunjukan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat Input.
Materi
Peralatan Masukan (Input Device)

Perangkat keras masukan atau sering disebut dengan input hardware adalah perangkat yang terdapat pada komputer atau TI yang berfungsi memasukkan data untuk diproses. Seperti anda ketahui, komputer akan memproses atau menjalankan sebuah perintah jika sudah ada data-data yang dimasukkan atau diinput.


Berikut ini adalah hardware atau perangkat keras yang termasuk dalam kategori
peralatan masukan:

1. Keyboard

Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu berlubang (punched card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan alat untuk membaca kartu berlubang (punched card reader) sebagai alat
input dan output.

Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > /, .?: ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa jumlah tutsnya hanya 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

Dilihat dari bentuk dan fungsinya, keyboard hampir sama dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan setiap huruf atau simbol yang diketik, karena hasilnya langsung tercetak di atas selembar kertas. Tidak demikian halnya dengan keyboard komputer. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan dan kesalahan pengetikan lainnya. Setelah sempurna, maka dapat dicetak di atas selembar kertas melalui printer.

Berikut Contoh Keyboard dimasa mendatang:

Bluetooth Laser Virtual Keyboard konon Harganya Sekitar $150

Keyboard dengan teknologi Bluetooth

Keyboard – Future Touchboard

Author: 

author