Uncategorized
Nov2

>Merekam Layar Mudah dengan Pearl Crescent Page Saver Basic

>Pearl Crescent Page Saver Basic (PCPSB) merupakan add-on mozilla firefox yang dapat digunakan untuk mengambil seluruh bagian halaman web dan menyimpanya dalam bentuk  gambar dengan format PNG dan JPG. dan hebatnya lagi bisa digunakan juga untuk merekam aktifitas layar komputer kita, merekam saat browsing dan bisa juga saat anda membuat video tutorial, karena add on ini juga mendukung record audio dalam bentuk wav atau mp3. Add-on ini untuk pengguna Windows XP dan Vista. jadi tenang saja pasti kebagian. hehe….

Untuk mencoba menggunakan add on ini silahkan anda download dan install di link berikut (Pearl Crescent Page Saver Basi ). 
Untuk penggunaanya sangatlah mudah, jika anda ingin mengabadikan tampilan weblog anda dalam bentuk gambar, langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka weblog tercinta anda
  2. Setelah tampil sempurna klik kanan ditengah weblog, maka akan tampil menu pilihan seperti gambar berikut:
  3. Ada tiga pilihan:  save image of visible portion ( Menyimpan gambar bagian yang terlihat saja dari web yang sedang dibuka contoh disini) save image of entire page (Menyimpan gambar dari seluruh halaman web yang tampak contoh disini) save page as image (Menyimpan halaman web sebagai gambar – Pilihan ini memberi kita kesempatan untuk memilih area mana saja yang akan di ambil gambarnya dengan cara di geser-geser seperti croping gambar). 
  4. Misalnya Kllik save image of entire page kemudian tentukan type gambarnya, PNG atau JPG.
  5. Klik tombol Save. Selesai.

Sebagaimana saya sampaikan diatas, Add-On Pearl Crescent Page Saver Basic mempunyai kemampuan merekam aktifitas di layar monitor kita. Cara penggunaanya adalah:

  1. Setelah proses instalasi PCPSB ini berhasil maka akan ada tambahan tool dipojok kanan bawah, berupa gambar kamera dan waktu . Klik gambar kamera untuk memulai proses perekaman layar, nanti akan tampil seperti gambar berikut:

    Disini anda bisa mengatur mulai dari kwalitas video, pengaturan perekaman suara, dll.

  2. Untuk memulai Perekaman, tinggal anda klik tombol Start Capturing.
  3. Untuk menghentikan proses perekaman anda klik kembali Gambar kamera di pojok kanan bawah. maka akan tampil jendela baru seperti gambar berikut:

  4. Terakhir, silahkan anda simpan hasil rekaman layar anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

      Author: 

      author