Uncategorized
Jul6

>Local Area Network (LAN)

0 comment

>

Standar Kompetensi :
Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.
Indikator:
Siswa dapat mengetahui klasifikasi jaringan komputer
Materi
Komputer Jaringan (Computer Network)

Local Area Network atau biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.


Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai, sebagai contoh software yang bisa digunakan untuk komunikasi berupa pesan teks adalah LAN Chat, Simple Chat 1.24 dll.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

Manfaat
1.Mempermudah pertukaran data
2.Menghemat pemakaian resource
3.Reliabilitas tinggi
4.Sebagai media komunikasi yang handal

Kekurangan :
Kekurangan utama yang ada pada sebuah jaringan adalah factor keamanan yang harus diatasi. Hal ini disebabkan dengan mengkoneksikan computer kita dengan computer yang lain dimana data-data atau program dapat saling dipertukarkan maka virus computer yang bertujuan untuk merusak system pun dapat dengan cepat menyebar. Untuk mengatasi hal ini tentu sangat dibutuhkan software antivirus.
Disamping itu dengan koneksi ke jaringan berarti computer kita bisa diakses orang lain. Dalam hai ini keamanan data sangat tergantung dari setting keamanan di tiap-tiap terminal dan apabila ada koneksi dengan internet maka diperlukan firewall yang akan melindungi jaringan local dari intruder dari luar yang tidak bertanggung jawab. 

Klasifikasi Jaringan Berdasarkan skala lainya yang bisa anda baca:

Rate this article!
>Local Area Network (LAN),5 / 5 ( 1votes )

Author: 

author