Uncategorized
Nov19

>Kecepatan Akses Internet

0 comment

>

Internet mempunyai kecepatan. Kecepatan ini lebih ditujukan untuk menunjukan berapa cepat jaringan Internet yang kita gunakan mengirimkan data. Misalnya sebuah lagu dengan format MP3 yang mempunyai besar 1 Mbyte membutuhkan waktu satu (1) menit untuk dikirim ke Internet. Maka kecepatan pengiriman data-nya adalah 1Mbyte / menit. Tapi notasi Mbyte per menit bukan notasi umum yang biasa digunakan di Internet.

Notasi kecepatan internet erat hubungannya dengan notasi besarnya file atau data yang kita miliki. Data dalam komputer biasanya disimpan dalam bentuk satuan bit yang terdiri dari bilangan “0” dan “1”. Jadi sebuah data “101101110011” panjangnya adalah dua belas (12) bit.

Seringkali untuk memudahkan pemrosesan data, kita biasanya mengelompokan dalam kelipatan delapan (8) bit yang biasa disebut satu (1) Byte. Jadi sebuah data yang panjangnya 32 bit adalah sama dengan empat (4) Byte. Kecepatan pengirim data di media komunikasi biasanya di tulis sebagai jumlah bit yang dikirim per detik, atau biasa di sebut “bit per second” atau “bps”. Notasi kecepatan dalam bps sering kita dapati pada peralatan jaringan, seperti modem, Ethernet dll. Beberapa notasi yang sering digunakan

1000 bit/detik = 1 kilo bps = 1 Kbps
1000000 bit/detik = 1 mega bps = 1 Mbps
100000000 bit/detik = 1 giga bps = 1 Gbps

Notasi lain yang sering digunakan untuk mengukur kecepatan transfer data biasanya ditulis dalam jumlah Byte per detik, atau biasanya di sebut “Byte per second” atau “Bps”. Perhatikan pada Byte digunakan huruf besar.

Hubungan antara bit dengan Byte adalah
1 Byte = 8 bit
hubungan berikut biasanya digunakan antara Byte dengan bit
1 KBps = 8 Kbps
1 MBps = 8 Mbps

Notasi Bps, KBps atau MBps sering kita dapati pada saat kita melakukan evaluasi proses pengiriman data dari jaringan atau internet.

Contoh Menghitung bit dari byte:
Berapa banyak bit yang ada pada 1 Mbyte data?
Jawab:
1 Mbyte = 1.000.000 byte.
Karena satu (1) byte adalah 8 bit, maka data tersebut adalah 1.000.000 x 8 bit = 8 juta bit.

Untuk mengecek berapa kecepatan akses internet yang digunakan, anda bisa memanfaatkan fasilitas online di http://speedtest.net atau http://www.bandwidthplace.com/, caranya sangat mudah, anda tinggal buka salah satu web tersebut, dan klik mulai/ start untuk proses pengecekan kecepatan akses internet yang anda gunakan.

Rate this article!
>Kecepatan Akses Internet,5 / 5 ( 1votes )

Author: 

author