Uncategorized
Apr22

Istilah-istilah Dalam Motherboard

0 comment

1. IDE Controlller

Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard untuk mengatur komunikasi data pada hardisk, CD-ROM, dan sebagainya.

2. LGA1155

Land Grid Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU, khsusnya intel, dimana pin ada di socket, bukan di processor, Angka “1155” menunjukan banyaknya pin processor.

3. MicroATX

Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang di akomodasi oleh motherboard atau casing untuk menempatkan motherboard tersebut.

4. Northbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang menhubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainya adalah Southbridge.

5. PATA/ ATA

Parallel Advanced Technology Attachment, yakni implementasi komunikasi data secara paralel dari disk drive dengan controller berbasiskan IDE dengan lebar data sebesar 8-bit.

6. SATA (Serial ATA)

Evolusi dari Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui singel cabel dengan minimum empat kawat dan terhubung secara point-to-point sehgingga mencapai kecepatan transfer hingga 6 Gbps pada perkembangan SATA generasi ketiga.

Rate this article!

Author: 

author