Uncategorized
Jun30

>Inilah dia 12 Tempat Suci Orang TI

0 comment

>Umat Islam mempunyai Mekkah sebagai tempat suci, Umat kristiani memiliki kota Jerusalem di Israel, Negara India tempat lahirnya agama Hindu dan Buddha. Masing-masing mempunyai sejarah yang berkaitan erat dengan asal-usul suatu agama.

Situs InfoWorld telah memilih beberapa “tempat suci“, khusus bagi para pelaku dunia teknologi informasi (TI). Tempat-tempat ini direkomendasikan untuk dikunjungi, mengingat di sinilah banyak inovasi fenomenal dalam bidang komputer.

Sudah bukan rahasia lagi, kebanyakan penemuan atau pionir perusahaan TI, terutama di Amerika Serikat, dilakukan dalam garasi rumah atau kamar asrama. Karena itu, jangan heran kalau beberapa tempat dalam daftar berikut bukanlah berwujud gedung atau bangunan megah.

Ini dia, 12 tempat yang memegang peranan penting dalam sejarah komputer dunia.

(catatan. urutan tidak mencerminkan prioritas)

1. 367 Addison Avenue, Palo Alto, California, USA

Lokasi yang ditasbihkan sebagai tempat kelahiran Silicon Valley oleh pemerintah negara bagian California pada tahun 1989. Garasi rumah ini merupakan tempat Bill Hewlett dan Dave Packard mengembangkan produk pertama mereka: osilator audio Model 200A, lebih dari 70 tahun yang lalu. Film legendaris “Fantasia” keluaran Disney ialah salah satu karya yang mempergunakan produk ini dalam pembuatan soundtrack-nya. Kini, perusahaan rintisan mereka, HP, telah menjelma menjadi salah satu vendor raksasa di dunia TI.

2. 2066 Crist Drive, Los Altos, California, USA

Di rumah inilah, Steve Jobs dan Steve Wozniak merintis perusahaan Apple Computer pada tahun 1976. Duo Steve memproduksi 50 buah PC yang mereka beri nama Apple 1 di sebuah kamar yang tak terpakai. Komputer yang mereka buat kemudian dijual melalui toko Byte Shop seharga $500 per unit. Seiring larisnya produk mereka, pesanan pun bertambah sehingga beberapa bulan kemudian, “pabrik” berpindah ke garasi rumah. Gebrakan Apple lewat personal computer-nya ini menjadi fenomena pada masa tersebut dan saat ini semakin populer dengan produk Macintosh, iPod, iPhone, dan iPad.

3. 232 Santa Margarita Avenue, Menlo Park, California, USA

Tempat terakhir yang berlokasi di wilayah Silicon Valley. Masih berbentuk garasi rumah, di sini duo Larry Page dan Sergey Brin melakukan riset sekaligus mengembangkan mesin pencari Google. Dari ide yang muncul saat kedua mahasiswa ini mengobrol di kamar asrama Page (lihat no. 12), mereka mendapat dukungan dana sebesar 1 juta dolar dan akhirnya memutuskan untuk menyewa sebuah garasi di rumah milik Susan Wojcicki, seorang karyawan Intel.

4. CERN – Jenewa, Swiss

Sebuah laboratorium dan pusat penelitian nuklir yang bangunannya berukuran raksasa. Tempat ini lebih terkenal dengan mesin Large Hadron Collider, alat bantu ilmuwan yang menyelidiki asal-usul alam semesta. Namun mungkin tak banyak yang ingat bahwa CERN ialah juga tempat lahirnya World Wide Web. Tahun 1990, fisikawan, Tim Berners-Lee, dan perancang sistem, Robert Cailliau, mendesain konsep sistem informasi berbasis tautan hiperteks (hypertext links) yang mereka sebut “Mesh”. Di sini pun masih disimpan server web original yang dibangun oleh Berners-Lee, bernama NeXT.

5. Bletchley Park – Bletchley Town, Inggris

Lokasi Britain’s National Museum of Computing, tempat dipamerkannya mesin Colossus. Salah satu komputer biner elektronis pertama yang bisa diprogram untuk meretas kode rahasia. Mesin ini digunakan tentara Inggris selama Perang Dunia II dalam usahanya membongkar pesan-pesan rahasia Nazi bersandi Lorenz.

6. Xerox PARC – Palo Alto, California, USA

Induk dari banyak penemuan penting di dunia TI. Antarmuka grafis (GUI) pertama dibuat di sini, kabel ethernet pun pertama kali disambungkan di tempat ini. Printer laser? Editor teks bersifat WYSIWYG? Adobe Systems? Ubiquitous computing? Seluruhnya ditemukan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

7. Ames Lab, Iowa State University – Ames, Iowa, USA

Laboratorium pengembangan salah satu pionir
komputer digital di dunia. Atanasoff Berry Computer (ABC) adalah mesin pertama yang mampu mengintegrasikan aritmatika biner, memori regeneratif, dan sirkuit logis. Didesain dan dibangun oleh John Vincent Atanasoff & Clifford Berry sepanjang 1937 sampai 1942, komputer ini hadir lebih dulu dibanding mesin ENIAC yang juga kerap diklaim sebagai komputer pertama.

8. Moore School of Engineering, University of Pennsylvania – Philadelphia, USA

Tempat lahirnya ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), nama yang lebih ngetop menjadi jawaban pertanyaan “Apakah komputer pertama di dunia?”. Diluncurkan tahun 1946, ENIAC merupakan sistem elektronik pertama yang mampu memenuhi persyaratan komputer modern yang dilontarkan Alan Turing, sebuah prestasi yang belum dicapai komputer ABC. Pembuatnya yaitu John Mauchly dan J. Presper Eckert.

9. IBM’s “Main Plant” – Poughkeepsie, N.Y.

Di pabrik inilah, sampai saat ini, IBM melakukan proses perancangan, produksi, dan peluncuran produk-produk komputer mainframe-nya. Salah satunya adalah IBM 701. Tahun 1953 yang lalu, komputer ini digadang-gadang sebagai komputer berkecepatan tinggi yang paling canggih dan paling fleksibel di dunia. Kemudian hadir pula keluarga mainframe System/360. Salah satu modelnya, S/360 Model 75, dipergunakan NASA untuk dalam proyek Apollo 11 yang bersejarah.

10. Room 2713, Dobie Hall, University of Texas – Austin, Texas

Setelah mengunjungi museum, laboratorium, dan pabrik, saatnya kembali “membumi” ke asrama universitas. Di kamar 2713, mahasiswa bernama Michael Dell pertama kali menjual komputer buatannya lewat perantara surat pada tahun 1984. Usaha yang ia rintis kini telah bertransformasi menjadi vendor Dell.

11. Kirkland House, Harvard University – Cambridge, Massachusetts, USA

Salah satu universitas paling ternama di dunia, Harvard, pernah memiliki tiga orang mahasiswa yang saat ini menjelma menjadi biliuner muda: Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Akrab dengan nama-nama itu? Benar sekali, merekalah penggagas jejaring sosial paling populer saat ini, Facebook. Sebuah kamar di lantai tiga Kirkland House menjadi saksi bisu usaha mereka.

12. Lyman Residence Hall, Stanford University – Stanford, California, USA

Pemberhentian terakhir. Di asrama Lyman ini, Larry Page pernah menghuni sebuah kamar tempat munculnya inspirasi untuk membuat mesin pencari Google. Bersama Sergey Brin, mereka mematangkan ide di kamar tersebut sebelum akhirnya pindah ke garasi rumah Susan Wojcicki (baca no. 3). Dari awalnya hanya untuk tugas disertasi, tak diduga Google pun bisa meraup sukses besar secara komersial.

Sumber : infokomputer.com
Rate this article!

Author: 

author