Uncategorized
Dec3

>Hukuman Buat Spammer

>Alkisah mr.mung lagi bersemangat dan penuh emosional untuk memulai berbisnis didunia maya alias internet ini, saking semangatnya gak mikir apa yang dilakukan termasuk kategori spam, yah awalnya cuma berfikiran kirim pesan ajakan lewat YM ke temen2 atau yang sudah add di YMku, eee… salah satunya terkirim ke Mr. Romi, Alhamdulillah beliau langsung mengingatkan soal ini, berikut dialog setelah aku ngirim pesan lewat YM tadi bersama Mr. Romi:

romi_sw: Hehehe kok nyepam lewat messenger sih
mr.mung dot com: ya maap, punya njenengan ke blok tadi, doain aja pak, aku bisa ngikuti njenengan (kesuksesannya)
romi_sw: Caranya bukan gitu
mr.mung dot com: terus gimana pak?
romi_sw: itu membuat perdjoenganmu sia sia
romi_sw: Aku ga pernah ngajarkan spamming
romi_sw: Baca2 saja romisatriawahono.net
romi_sw: Lakukan personal branding
romi_sw: Spamming itu masuk kejahatan lho …
romi_sw: Ada di UU ITE
romi_sw: Kalau ada yg nganggep serius bisa kena denda miliaran nanti sampeyan
mr.mung dot com: ooo gitu to pak?? makasih peringatannya…

waduh…. deg – degan juga aku jadinya denger denda miliaran rupiah…
semoga saja gak ada apa-apa… (amiin…), kemudian aku googling cari informasi-iformasi tentang kasus spammer, dan terdampar juga di http://www.andriewongso.com/ ni aku copas aja langsung informasi yang ada disana,

Lagi-lagi tentang email sampah. Tapi, berita ini barangkali akan membuat efek jera bagi orang yang suka mengirimkan email-email sampah ke berbagai alamat. Dalam berita yang dikutip dari Infoworld, seorang pria yang bernama Robert Soloway terkena tuntutan 26 tahun penjara. Sebuah tuntutan yang dianggap paling lama masa penahanannya untuk kasus pengiriman spam.

Robert sebelumnya memang dikenal sebagai seorang ‘Raja Spam’. Ia bahkan menjadikan kemampuannya mengirim jutaan email sampah itu sebagai ladang bisnis. Ia sadar bahwa spam juga bisa sebagai media promosi-yang meski kurang etis-cukup ampuh efeknya jika sampai pada pembaca yang tepat.

Karena aktivitas bisnisnya ini, Robert didakwa dengan pasal penipuan oleh kejaksaaan Amerika Serikat. Dia sendiri ditangkap oleh pihak berwenang pada Mei 2007 silam. Putusan hukuman final atas Robert direncanakan akan dijatuhkan pengadilan tanggal 20 Juni 2008. Selain hukuman kurungan ini, ia juga terancam denda hingga US$ 700 ribu.

Aktivitas spam Robert memang menghebohkan. Antara November 2003 sampai Mei 2007, sang ‘Raja Spam’ telah menyebarkan puluhan juta spam. Bahkan di tahun 2005, Microsoft pernah berkasus dengan Robert. Dan, saat itu Microsoft memenangkan gugatan senilai US$ 7,8 juta atas Robert terkait gelontoran spamnya ke layanan webmail terkenal milik Microsoft, Hotmail. Namun, rupanya Robert tak jera. Barangkali, hasil yang diperolehnya dari bisnis spam ini jauh menjanjikan. Tapi, jika nantinya ia benar-benar dimasukkan ke dalam penjara dan kembali didenda, apakah ia bisa melepaskan bisnisnya itu. Hanya waktu yang akan membuktikannya. Namun, setidaknya, dengan hukumanb berat yang diberikan ini, bisa memberi efek jera bagi spammers yang masih sering berkeliaran di dunia maya. Semoga.


Buat yang merasa terganggu dengan kiriman pesan ajakan bisnis lewat Yahoo messanger pada tanggal 3 Desember 2008, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.Terimakasih.
Rate this article!
>Hukuman Buat Spammer,5 / 5 ( 1votes )

Author: 

author