Uncategorized
Mar9

>Hati-hati Hacker Mengintai Website Anda

0 comment

>Posting kali ini saya hanya mengingatkan kepada rekan-rekan blogger, terutama yang menggunakan selfhosting (hosting sendiri), dan biasanya yang menggunakan CMS WordPress.org, Joomla, dan CMS lainya. Pada dasarnya sebenarnya CMS tersebut memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, tapi karena kelalaian dan kurang cermatnya pengguna itu sendiri dalam menggunakan plugin-plugin tambahan yang awalnya berniat mempercantik atau memenuhi kebutuhan webblog tapi kadang justru sangat membahayakan web/ blog kita.

Berikut screenshot CPANEL Hosting saya yang kena hack orang yang tidak bertanggung jawab yang tampak pada hasil upload file si hacker tanggal 25 Februari 2012, semua subdomain (sekitar 10 subdomain aktif) dibabat habis, yang tampak hanya berupa folder kosong.

Tampilan web saya yang kena hack menjadi seperti pada gambar dibawah ini, ada tulisan Syetan di gambar yang menjadi background hacker tersebut, sungguh…  terrrrlaaalu!!!
Webblog yang  kena hack beralamat di http://mungs.biz dan sampai tulisan ini saya buat, kondisi masih belum berubah, karena memang saya biarkan saja sekalian, buat kenang-kenangan pahit, webblog berisi lebih dari 350 artikel hilang semua, 🙁

Maka dari itu, berhati-hatilah teman-teman blogger sekalian, Hati-hatilah! mungkin ada Hacker Jahat yang sedang Mengintai Website andalan Anda, untuk mengantisipasi atau paling tidak meminimalisir kejadian serupa berikut ada beberapa tips menarik yang saya copy dari web idtutoria  yaitu tentang tips memilih plugin wordpress.
Ada beberapa yang sekiranya dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih suatu plugin :

  1. Perhatikan apakah plugin tersebut kompatibel dengan versi wordpress yang anda gunakan atau tidak. Untuk plugin yang terdaftar di wordpress.org, disana diberikan informasi yang tentang batas kompatibel pemakaian plugin tersebut sampai wordpress versi berapa. Apabila keterangan yang ada tidak menuliskan sampai ke versi wordpress yang anda gunakan, anda wajib mempertimbangannya karena kemungkinan bisa menimbulkan dampak yang negatif bagi blog anda.
  2. Perhatikan jumlah keterangan yang ada, semakin banyak yang mengatakan itu bekerja dengan baik berarti kemungkinan plugin tersebut tidak ada masalah. Sebaliknya, apabila banyak orang yang mengatakan bahwa plugin tersebut tidak bekerja untuk blog mereka, maka kemungkinan besar plugin tersebut bermasalah.
  3. Perhatikan jumlah rating (dilambangkan dengan bintang) untuk plugin tersebut, semakin banyak jumlah rating berarti semakin terpercaya.
  4. Kunjungi halaman dari pembuat plugin tersebut, apakah dia support akan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan atau tidak.
  5. Perhatikan versi PHP yang diperlukan, ini ada kaitannya dengan penggunaan versi PHP yang digunakan hosting anda.
  6. Dan indikator-indikator lainnya.

Semoga web/ blog anda tidak mengalami seperti apa yang terjadi pada salah satu blog saya, dan semoga cukup sekali ini saja, dan tidak ada kejadian serupa dimasa mendatang, amiiin….

Author: 

author