Uncategorized
Nov1

>CPNS 2009 – Bismillah ACTION!

>Beberapa hari yang lalu saya launching produk terbaru get 333 backlink dari blog-blog yang saya sebar di internet, sebagai produk ke -2 dari bisnis online yang saya jalani ini tentunya besar harapannya bisa sukses, lancar dan menghasilkan seperti pada produk pertama Jasa Pembuatan Blog yang Alhamdulillah sudah menghasilkan puluhan juta rupiah dan bisa mencukupi dan memenuhi kebutuhanku, serta anak dan istriku.  Untuk produk ke 2 ini Alhamdulillah ada tanggapan positif juga dari para blogger dan pelaku bisnis online. Optimis selalu saya tanam di hatiku, bisa dan harus bisa!, berhasil dan harus berhasil!, itu juga yang membuat sampai detik ini bisnis online yang saya jalani tetep berjalan dan InsyaAllah bisa istiqomah. Amiin…..

Pendaftaran PNS sudah di mulai kemarin tanggal 30 Oktober 2009, PNS di Semarang atau PNS di Banjarnegara, tapi sampai posting ini saya tulis, saya masih belum mendapat wangsit (hehe….). mau daftar dimana ya….? melihat alokasi yang banyak ada di kabupaten semarang untuk mata pelajaran TIK SMP membutuhkan 19 tenaga pengajar, dan di Banjarnegara (kampung halamanku) cuma 4 alokasinya. hmm….

harus cari wangsit dulu nich kalau kayak gini, berdoa sama yang Maha Pemberi Wangsit, itu jalan keluar yang paling tepat yang harus saya lakukan, sambil mengumpulkan bahan-bahan, persyaratan-persyaratan pendaftaran PNS, soal-soal PNS juga saya cari di mbah google, dan banyak sekali tawaran dan link-link download tentang SOAL PNS 2009, prediksi soal, bocoran soal PNS 2009, sampai-sampai bingung mau ambil yang mana.

Optimis tetap saya tanam di hati, Bismillah, dan ACTION!. Semoga tahun ini rezeki saya, bisa kecantol di PNS Guru TIK SMP, minta doanya teman-teman semua, semoga cita-cita, dan langkah yang saya ambil ini mendapat Ridlo dan kemudahan dari Allah SWT.  amiiiin…

Update 4 Desember 2009:
Akhirnya setelah melalui beberapa proses pertimbangan, dan minta kemantapan hati kepada Yang Khaliq, saya berniat bersaing di kabupaten Semarang yang membutuhkan 19 tenaga Guru TIK untuk SMP, dengan jumlah pendaftar hanya 55 orang. dan tanggal 6 Desember 2009 tinggal berjuang mengikuti beberapa tes CPNS yang akan di mulai pukul 08.00-11.00 Ujian tertulis TKD (Tes Kemampuan Dasar), disambung Tes Bahasa Inggris, selesai sekitar jam 13.00 WIB.

Update 15 Desember 2009
Pengumuman hasil ujian CPNS Kab. Semarang, saya tunggu mulai jam 03.00 pagi dirumah, cek website semarangkab.go.id ternyata belum bisa diakses pengumumannya, sampai siang dan ternyata setelah bisa diakses cuma berisi pengumuman bisa di lihat di papan pengumuman BKD dan Koran Wawasan. tambah penasaran, saya tunggu saja sampai jam 14.30 dan meluncur pergi mencari koran wawasan,  informasinya koran ini diterbitkan sore hari, maklum gak pernah langganan koran… hihi…
cek……  Alhamdulillah…. saya lolos tes CPNS, rasa syukur tak terhingga: pulang rumah ambil air wudlu dan sujud syukurku padaMu ya Rabb… dan langsung di sambut pelukan Istriku tercinta. hmmmm…. jadi terharu….. hihi…
tapi ini belum selesai sayang… masih ada perjuangan lagi besok tanggal 19 Desember 2009.

Update 19 Desember 2009
Tes Wawancara, cari info sana sini untuk mendapatkan informasi seputar soal tes wawancara, dan informasinya si paling seputar pengalaman pribadi, eee… ternyata bener juga ketika ketemu pewawancara ketemu langsung di suruh memperkenalkan diri dan menceritakan kisah hidup, ya sudah saya cerita. untung udah biasa ndongeng, hihi…..

Update 31 Desember 2009
Setelah melalui beberapa tes : tertulis (lolos) dan wawancara(lolos juga), akhirnya sudah mantap InyaAllah beres semua, dan pada tanggal 22 Desember ikut mendampingi Study Tour anak-anak SMP Muhammadiyah 7 Semarang ke Jakarta-Bandung, pas tanggal 23 Desember dari dalam mobil saya coba Online via netbook dan ternyata tanggal 24 Desember harus kumpul di DPRD kab semarang, waduuuh… kasuss… padahal baru nyampai jakarta, apa harus pulang lagi, ah…. akhirnya dengan tekad dan kemantapan hati, saya kontak adik saya suruh bawa KTP saya berangkat ke DPRD kab. semarang untuk mengikuti pengarahan pemberkasan yang seharusnya saya sendiri yang berangkat. dan benar juga, disana adiku di larang masuk ruangan tapi diberi berkas yang harus siapkan untuk pemberkasan tanggal 28-29 Desember 2009.
semakin gelisah juga di jakarta….. kasusss…

Untung sekarang zamanya sudah canggih dan informasi murah, pemberkasan sebagian saya lakukan lewat jarak jauh legalisir ke sekolah-sekolah mulai SD, SMP, SMA, minta tolong keluarga di kampung halaman Banjarnegara, persiapan pembuatan SKCK minta keluarga di tempat mertua (kebetulan KTP sudah ikut istri), dan istri disemarang membanti doa dan selalu memberi informasi uptodate.

Jumat pagi pukul 03.30 WIB, 25 Desember sampai di semarang lagi, dan langsung saya cek persiapan pemberkasan yang sudah di siapkan adik dan istriku di rumah, dan siangnya langsung meluncur mencari informasi untuk tes kesehatan fisik, jiwa, dan narkoba, dan ternyata adanya di RS. JIWA Semarang deket juga dari tempat tinggalku, Alhamdulillah… tapi tutup… dilayani esoknya, setelah melalui beberapa tes kesehatan, menjawab soal 567 soal untuk tes jiwa, dan tes urin juga untuk narkoba, akhirnya hari itu beres urusan di semarang.
keesokan paginya hari Ahad, 27 Desember 2009, meluncur pulang banjarnegara naik motor dan dari wonosobo sampai banjarnegara di guyur hujan lebat banget, kasusss….
sampai banjar, tinggal mengurus SKCK saja pada tanggal 28 Desember dan siangnya habis sholat dhuhur langsung balik lagi ke semarang, dan hasilnya sampai semarang pukul 18.00 WIB dan habis maghrib istirahat karena ternyata badan sudah gak kuat lagi, pusing, masuk angin dan kecapean.
keesokan paginya, selasa pagi 29 Desember mengambil hasil tes kejiwaan dan narkoba di R.S Jiwa dan Alhamdulillah positif dinyatakan TIDAK GILA, hihi….

Rabu pagi 30 Desember 2009 (Informasi terakhir dapat telpon panitia CPNS Kab. Semarang, pemberkasan di undur tanggal 30 untuk pendidikan dan 31 untuk non kependidikan), menghadap panitia dengan membawa berkas yang sudah siap dan lengkap, Alhamdulillah BERESS… dan tinggal nunggu SK penempatan sekitar 1 bulan lagi.

Update tanggal 5 Maret  2010
Informasi yang didapat saat pemberkasan, SK penempatan akan turun 1 bulan lagi, tapi ternyata sampai maret ini belum ada kabar apapun, sebenarnya ada kisah unik dan mengharukan pada awal proses pemberkasan saya, cuma belum saya tulis diatas, nah sekarang sambil nunggu informasi saya tulis dech…. hehe…

Saat perjalanan ke banjarnegara untuk memproses pembuatan SKCK, tepat di daerah wonosobo, hujan turun lebat sekali (saya naik sepeda motor bersama anak (3th) dan istri) , tapi yang aneh hujan turun lebat sekali didepan mata sekitar 10 meter. saya berhenti  dan bergegas memakai mantel, dan tiba-tiba musik di hpku berbunyi, siapa ini lagi mendesak ada telpon masuk, setelah berbicara sebentar ternyata yang telpon wakil kepala sekolah SMP N 3 Bawen (teman saya), mengucapkan selamat dan memintaku berjuang bersama di SMP N 3 Bawen dengan memberi informasi bahwa beliau dan kepala sekolah sudah berembug dan mengusulkan ke dinas kab. semarang untuk menempatkan saya di SMP N 3 Bawen, (saya kaget….) waduh…. koq jauh pak…? (tapi dalam hati, gak papalah dari pada nanti dapat yang lebih jauh lagi, lebih dipelosok….) dan itupun baru usulan belum tentu dikabulkan.

Sesampainya di semarang, selesai ngurus pemberkasan saya jatuh sakit 5 hari, dan tepat setelah masuk sekolah, Alhamdulillah membaik dan bisa berangkat ke sekolah. Informasi mengejutkan justru datang dari teman saya (wakil kepala sekolah SMP N Bawen), beliau jatuh sakit dan tidak tertahankan dan harus masuk rumah sakit 1 hari setelah telpon terakhir dengan saya. dan sakitnyapun ternyata sangat menghawatirkan berawal dari tipes, ternyata sudah terkena penyakit liver hepatitis B boleh dikatakan sudah terlambat karena ada di stadium 4. MasyaAllah….. dan memang benar beberapa hari kemudian, baru dalam rencana menjenguk di Rumah Sakit, tapi keburu di Panggil Sang Khaliq, Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’uun….

Saat acara pemakaman ada sambutan dari Depdikbud kab. semarang yang intinya sedikit menyinggung usulan dari teman saya itu. (apakah benar akan dikabulkan dan ini menjadi amanat terakhir teman saya itu…? kita tunggu update berikutnya)

Update tanggal 25 Maret 2010
Sekitar jam tengah 7 pagi ada telpon dari banjarnegara (Kakak Ipar-Mbak Ming) memberi informasi kalau ada surat undangan pengambilan SK CPNSD Kabupaten Semarang, dan yang mengejutkan ternyata hari ini juga jam tengah 8 acaranya dengan harus membawa surat undangan, dengan memakai seragam hitam putih,dan berdasi. huff…  gak punya dasi… gugup sudah siang, malah hari ini juga ada jam ngajar dan ngumpulkan nilai hasil mid semester kemarin, harus ambil tindakan cepat nich….
langsung dech telpon kepala sekolah, izin dan memberi informasi kalau nilai sudah saya cetak cuma tak taruh di meja laboratorium. (dah beresss…. )
Meluncur ke ungaran menuju BKD mau tanya dan minta izin bahwa ikut acara tanpa membawa surat undangan karena undangan datang terlambat (begitulah kalau surat di tujukan ke desa pelosok). Setelah di izinkan langsung meluncur ke Gedung DPRD Kab. Semarang, dan benar juga sampai sana datang terlambat sendiri, datang tanpa surat dan gak pakai dasi sendiri, hihi… kasuss….

singkat cerita, SK diberikan dan ketika saya buka, deng…deng…. SK diberlakukan mulai awal januari 2010 dan Alhamdulillah di tempatkan di desa pelosok kaliwungu kabupaten semarang. 😀
Terimakasih ya Allah…. semoga tempat kerja inilah yang terbaik yang Engkau berikan kepada hambamu ini. Semoga bisa mengemban amanah negara ini dengan baik. dan mendapat hidup barokah dan selalu dalam Ridlo dan lindungan Mu ya Rabb… Amiiin….

Update tanggal 16 Januari 2012
Alhamdulillah SK PNS resmi telah saya terima di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.

Rate this article!

Author: 

author