Uncategorized
Jan1

>Computer Network atau Komputer Jaringan

>Bingung mau posting apaan, akhirnya inget o..iya blog ini kan emang tentang education, kenapa musti bingung mau posting. Padahal yang namanya education atau tentang pendidikan itu sungguh luar biasa luasnya so ini aku pengen mulai menulis mulai dari sedikit demi sedikit tentang computer, jaringan computer klasifikasi jaringan computer dan mungkin akan lebih luas lagi, yah idep-idep sambil belajar, mengingat kembali materi kuliah yang pernah di dapet.

Kita mulai yuk…? بسم الله الرحمن الرحيم

Computer Network atau lebih dikenal dengan istilah Komputer jaringan merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. (sumber wikipedia)

Tujuan dari jaringan komputer adalah:

  1. Memberikan kemudahan dalam sharing data Yaitu adanya fasilitas untuk saling tukar/ambil data dari komputer satu ke komputer lain secara langsung tanpa melalui disket/flasdisk.
  2. Memberikan kemudahan dalam sharing printer Yaitu kemudahan untuk melakukan printing langsung dari semua komputer walaupun komputer tersebut tidak terhubung langsung dengan printer.
  3. Memberikan kemudahan dalam sharing Internet Yaitu memungkinkan penggunaan internet bersama – sama dengan satu modem.
  4. Memberikan kemudahan dalam mengontrol komputer lain Yaitu fasilitas untuk melihat, mengendalikan ataupun mematikan (Shut Down) dari komputer server, sehingga memudahkan guru dalam mengontrol hasil pekerjaan murid-murid tanpa harus selalu berkeliling kelas (cukup dilihat dari komputer server).

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service ). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client ) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server ). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi Jaringan Berdasarkan skala :

  • Personal Area Network (PAN)
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitant Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Interplanet Network (IPN)

Dah… itu dulu ya.., penjelasan masing masing klasifikasi jaringan di atas Insya Allah segera menyusul.

Semoga bermanfaat.


Author: 

author