Uncategorized
Nov5

>Atasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat

>
Sebagian besar penyebab sakit tenggorokan adalah virus, bukan bakteri yang bisa dilenyapkan dengan antibiotik. Jadi pada dasarnya, perawatan untuk melegakan tenggorokan bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa obat.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di antaranya:

1. Istirahat cukup dan minum banyak cairan.

2. Berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan garam (1 sendok teh garam per 1 gelas air)

3. Hisaplah pastiles

4. Hisaplah makanan beku seperti es loli

Untuk menyembuhkan rasa sakit, kompreslah tenggorokan Anda dengan kain yang telah direndam dalam air hangat. Anda juga bisa mencoba campuran hangat chamomile: campurkan 1 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam 1 atau 2 gelas air mendidih, biarkan selama 5 menit. Masukkan kain atau handuk bersih ke dalam teh, peras airnya, kemudian letakkan ke tenggorokan Anda. Angkat kain kalau sudah dingin dan ulangi sampai Anda merasa lebih baik.

Plester garam juga bisa membantu mengurangi rasa sakit. Campurkan 2 cangkir garam laut ke dalam 5 atau 6 sendok makan air hangat-hangat kuku. Garamnya seharusnya lembab tetapi tidak terlalu basah. Letakkan garam di tengah lap piring, kemudian gulunglah lap dan tutupkan ke sekitar leher. Tutuplah dengan kain kering atau lap piring kering lainnya. Biarkan sampai Anda merasa nyaman.

Cobalah menghisap uap untuk meredakan rasa sakit. Alirkan air panas dalam tempat berendam Anda, kemudian letakkan handuk di sekitar kepala Anda untuk menghambat uap, bersandarlah ke tempat berendam sambil tetap mengalirkan air panas. Tarik napas dalam-dalam melalui mulut dan hidung selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali dalam satu hari.

(suaramerdeka.com)

Rate this article!

Author: 

author