Uncategorized
Nov15

>Apa itu Endometriosis?

>

Benarkan Endometriosis penyebab kemandulan tertinggi pada perempuan?
Akhir-akhir ini, semakin banyak wanita yang menderita Endometriosis atau lebih dikenal dengan “kista” pada organ reproduksinya.
Sebetulnya apakah Endometriosis itu?
Endometriosis merupakan salah satu kelainan ginekologi terbanyak yang ditemukan pada perempuan usia reproduksi sehat, yaitu berusia antara 20-35 tahun.
Penyebab terjadinya Endometriosis diantaranya adalah terhambatnya aliran darah haid dari dalam rahim ke vagina, sehingga sebagian darah haid tumpah melalui saluran rahim atau tuba falopi ke dalam rongga perut.
Memang,tidak semua perempuan yang menderita Endometriosis sulit memiliki keturunan. Namun sekitar 30-50% perempuan yg terkena Endometriosis mengalami gangguan kesuburan.

4 faktor penyebab kemandulan perempuan :


1.Faktor Hubungan Seksual (ML), yaitu frekuensi hubungan intim yang jarang.
Keadaan itu membuat kemungkinan terjadi kehamilan kecil.
Juga adanya gangguan berupa sakit saat ML dan membuat perempuan malas melakukannya.

2.Faktor Infeksi, berupa infeksi pada reproduksi perempuan (misalnya infeksi rahim, leher rahim, saluran telur dan indung telur)
Infeksi membuat fungsi organ yang terkena infeksi tidak berfungsi dengan baik sehingga kemampuan untuk terjadi kehamilan juga terganggu

3.Faktor Hormon, berupa gangguan fungsi hormon pada perempuan sehingga pembentukan sel telur terganggu, tidak terbentuknya sel telur menyebabkan sulit hamil.

4.Faktor Psikis, misalnya stres yang berat sehingga mengganggu pembentukan sel telur.
Inilah sebabnya perempuan yang ingin hamil sebaiknya menghindari stress.

Untuk menghindari terjadinya gangguan kesuburan pada perempuan, maka faktor-faktor penyebab tersebut harus dihindari. Tetapi kalau gangguan kesuburan telat terjadi, diperlukan pemeriksaan yang baik sebelum dapat ditentukan langkah pengobatannya.

Rate this article!
>Apa itu Endometriosis?,5 / 5 ( 1votes )

Author: 

author