Uncategorized
Aug8

>Anda tau Twitter ?

>Twitter kalau kita tinjau secara harfiahnya artinya ‘berkicau’. Twitter adalah layanan jejaring sosial (tapi menurut para pendirinya lebih merupakan jejaring informasi) dan microblogging dengan panjang status maksimal hanya 140 karakter, kurang dari 1x sms ketika pakai hp (1x sms 160 karakter). Status yang kita tuliskan di Twitter dulu diberi nama ‘update’, tetapi selanjutnya diubah menjadi ‘tweet’ makanya saya sering bilang ngetwit dulu ah…. (bukan ngitungi duit habis gajian, hehe…).

Sebagai ikonnya, twitter digambarkan dengan burung mungil yang lucu. ngetwit dibatasi maksimal 140 karakter saja, maka kita harus pandai-pandai menuliskan pesan agar bisa singkat tapi jelas dan enak dibaca. Jangan sampai lebay, tapi bukan berarti kehilangan selera humor.

Contoh: @mrmung nunggu buka puasa ah… : )

Contoh yang  lebay : @mrmung nunggu buka puasa dulu ah…. lapar banget nich, haus, waduuuh….. kasusss…

Untuk mengekspresikan perasaan kita, bisa menggunakan simbol smily alias emotion. Misalnya : ) untuk gembira, : ( untuk sedih, : D untuk tertawa, dan sebagainya.
Jika Anda ingin membagi atau share sebuah URL web atau URL photo, video dan lain sebaginya dalam tweet, gunakan tool / alat untuk mempersingkat URL tersebut, anda bisa gunakan fasilitas dari si mbah google http://goo.gl . contoh: @mrmung yg ingin download ebook twitter buka http://www.ziddu.com/download/15938530/TwitterForDummies.pdf.html  setelah disingkat URL-nya menjadi:

@mrmung yg ingin download ebook twitter buka http://goo.gl/ZI6hv

Istilah-istilah dan simbol-simbol yang dipakai di Twitter

Di Twitter ada beberapa istilah yang penting untuk kita ketahui maksudnya. Dimulai dari istilah tweet. Diatas sudah saya jelaskan bahwa tweet adalah sebutan untuk status yang kita tuliskan. Ada juga istilah tweeple atau tweep, maksudnya adalah pengguna Twitter.

Follower adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan status yang kita lakukan. Kebalikannya adalah following, yaitu orang yang kita ikuti, dan kita akan menerima setiap pembaruan status yang dia lakukan.

Beberapa istilah lainnya adalah sebagai berikut:

Reply: balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet.

ReTweet: men-tweet ulang status orang lain, dengan tujuan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena mungkin menginspirasi kita, atau mungkin karena alasan lain.

Direct message: sering pula disebut DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang bisa membacanya.

Trending topic: topik yang sedang hangat dan ramai dibicarakan orang.

Favorites: dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).

Twitter juga memakai beberapa simbol dalam pemakaiannya. Berikut ini beberapa simbol tersebut beserta contoh pemakaiannya.

@ adalah simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut.

# (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh: @mrmung belajar #TIK memang asyik ya…

RT adalah simbol untuk ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berarti kita menulis ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.

Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil anda, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @ulin asyik juga belajar Twitter.

OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.

Contoh pemakaian: OH asyik juga belajar Twitter.


HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.

Untuk belajar lebih lanjut, gabung saja di twitter.com dan kita bisa belajar bareng, saya juga masih belajar koq, dibawah ada ebook panduan twitter yang bisa juga anda manfaatkan untuk belajar lagi, buat referensi lain selain posting ini.

Download ebook Twitter Dummies: http://goo.gl/ZI6hv

Jika ada yang keliru atau ada usulan lain, bisa anda tulis di kolom komentar atau kolom diskusi dibawah.

Rate this article!
>Anda tau Twitter ?,5 / 5 ( 1votes )

Author: 

author