Uncategorized
May11

>Alhamdulillah… Sudah Keluar dari Google Sanbox

>Beberapa hari yang lalu ada teman chating YM yang bertanya masalah blog kena google sanbox, istilah yang sebenarnya sudah pernah saya dengar dan saya baca, cuma belum pernah mengalaminya sendiri jadinya ya belum punya pengalaman buat menangani masalah ini, kalau menurut informasi yang saya dapat bahwa apabila blog terkena google sanbox, maka blog atau URL tertentu akan hilang dari hasil pencarian di google.

waw! ini sungguh membahayakan kalau sampai terjadi pada blog kesayangan kita. iya gak? 

Setelah chating selesai, dan saya jawab semampu saya, iseng saya cek blog bisnis andalan saya, dengan kata kunci inti dan… MasyaAllah….! ada apa ini, ternyata blog yang kemarin masih bertengger di urutan 3 besar hasil pencarian google dengan total pencarian 3.900.000, hari itu hilang dari pencarian google…. apa ini yang dinamakan blog kena google sanbox??? badan sedikit bergetar, jantung berdetak kencang (lebay mode on), kasusss… blog kesayangankuu…!! ada apa denganmu mbah google (salah satu kata-kata di update status facebook).

Saya coba ganti dengan kata kunci pencarian yang lain, yang biasanya bertengger di urutan pertama sekarang juga hilang dari pandangan mata, benar-benar kasusss….  saya coba berusaha tenang, saya pelajari dan saya amati dan ternyata ada satu masalah yang mungkin ini menjadi penyebab utama blog kesayanganku tersebut terkena google sanbox, permasalahan yang saya anggap sebagai kuncinya adalah blog tersebut terkait dengan salah satu web yang terindikasi mengandung malware, ada blog saya yang lain yang terinveksi virus sampai beberapa hari tidak bisa dibersihkan, sampai-sampai di hasil pencarian google terhadap web tersebut ada informasi blog ini berbahaya (baca Cara Mengatasi Reported Attack page di blog atau situs).

Penyebab blog terkena Google SanBox menurut informasi yang beredar di internet antara lain:
1. Optimasi SEO yang berlebihan,
2. Posting terlalu banyak dalam satu waktu, termasuk juga duplicate content
    (hati-hati yang hoby copy-paste)
3. Di identifikasi sebagai blog spam,
4. Blog ikut di paid review,
5. Penyebab lain bisa juga terlalu banyaknya link keluar dibanding link yang masuk ke
    blog kita.

Saat itu juga langsung saya delete link dan script yang terkait dengan web yang terkena virus dan segera saya lakukan beberapa tips dan trik yang banyak beredar di internet terkait masalah bagaimana keluar dari google sanbox, diantaranya yang saya lakukan adalah:

  • Mencari hal-hal yang memungkinkan penyebab terkena google sanbox,
  • Verifikasi ulang di google web master.
  • Edit dan update beberapa postingan di blog yang terkena sanbox.
  • Submit ulang di google.com
  • Berdoa dengan kesungguhan hati mengharap pertolongan Allah SWT. semoga kembali normal. 🙂

Alhamdulillah setelah hampir 2 minggu berjuang dan berdoa, blog kesayanganku tersebut kembali normal dan kembali bertengger di urutan semula.

Semoga kejadian ini bisa diambil hikmah dan pembelajaran serta pengalaman yang luar biasa. dan semoga kedepan tidak akan terjadi lagi. amiin…..

Author: 

author